Upaya USK Tingkatkan Peran Kampus untuk Kepentingan Masyarakat Aceh

  • Bagikan
Foto: Dok. Situs resmi USK

MITA | Universitas Syiah Kuala berupaya meningkatkan peran para profesornya sesuai kepakarannya masing-masing untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Aceh.

Komitmen ini ditandai dengan peluncuran Program Penelitian Profesor Berkarya oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, didamping Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, di Ruang Mini Rektor USK, Banda Aceh, 28 April 2023 lalu.

Rektor USK mengatakan, saat ini pertumbuhan jumlah profesor di USK sangat baik. Hingga awal 2023 ini, USK telah memiliki 122 orang profesor dengan berbagai kepakarannya.

Dikutip dari situs resmi USK, kampus Jantong Hate Rakyat Aceh itu ternyata ingin mengoptimalkan kepakaran para profesor di USK tersebut untuk mengurai berbagai permasalahan dalam masyarakat.

“Dengan jumlah profesor yang terus meningkat dan kepakaran yang beragam, USK berpotensi menggerakkan para profesor untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Inilah dasar kita meluncurkan Program Penelitian Profesor Berkarya,” ucap Rektor.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat USK, Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech, menjelaskan, Program Penelitian Profesor Berkarya adalah upaya USK agar kepakaran profesor USK bisa berdampak langsung bagi masyarakat.

Dirinya mencontohkan masalah isu penyakit tanaman pala di Aceh Selatan. Permasalahan ini belum terselesaikan dengan baik, oleh karena itu keberadaan profesor di USK diharapkan dapat terlibat aktif  mengatasi permasalahan tersebut melalui kepakarannya.

“Jadi Program Profesor Berkarya ini bukan lagi menguji parameter dasar. Tetapi hasil penelitian profesor USK yang sudah teruji berhasil, diaktualisasikan untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi masyarakat,” ucapnya.

Karena itu, salah satu syarat usulan program penelitian ini adalah Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) > 3. Selanjutnya, ada empat bidang yang menjadi tema dari program hibah ini yaitu sosial humaniora, sains dan teknologi, kesehatan, dan pendidikan.

Karena itulah, Taufik Abidin mengajak seluruh profesor USK untuk menggunakan kesempatan program hibah ini sebaik mungkin untuk mendedikasikan keilmuan mereka bagi masyarakat. Informasi lengkap Program Penelitian Profesor Berkarya dapat diakses melalui laman website LPPM USK.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *