9.758 Peserta UTBK Akan Ujian di Kampus USK

  • Bagikan
Kampus Universitas Syiah Kuala (USK). (Foto: Dok. USK)

MITA | Sebanyak 9.758 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 akan mengikuti ujian di Universitas Syiah Kuala.

Ujian akan dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, seperti dikutip MITABERITA.com dari lama resmi USK, Senin 8 Mei 2023.

Ia mengingatkan kepada para peserta UTBK ini agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tahapan seleksi SNBT tersebut. SNBT ini adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang kedua dari tiga jalur seleksi yang tersedia yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SNBT dan Jalur Mandiri.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan saat ujian nanti di antaranya adalah membawa dokumen kelengkapan ujian yaitu kartu peserta ujian dan identitas diri baik berupa KTP maupun kartu pelajar. Peserta juga diharapkan hadir minimal 30 menit sebelum ujian dimulai.

Sebagai informasi, kepada lulusan 2021 dan 2022, diwajibkan membawa ijazah atau foto kopi ijazah yang telah dilegalisir. Sementara bagi lulusan 2023, membawa surat keterangan kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah.

Surat tersebut berisi nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan disertakan foto terbaru.

Agussabti mengungkapkan, pada seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ini USK menyediakan kuota mahasiswa baru untuk jalur SNBT tersebut yaitu 40 persen.

Sebelumnya yaitu jalur SNBP, USK sudah menerima mahasiswa baru untuk jalur tersebut dengan kuota 25 persen. Sementara  untuk jalur mandiri nanti, USk menyediakan kuota 35 persen.

“Jadi kami ingatkan, agar peserta UTBK ini mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Karena inilah kesempatan bagi mereka untuk kuliah pada berbagai program studi atau kampus pilihannya,” kata Agussabti.

Unutk informasi lengkap tahapan seleksi SNBP tersebut dapat dilihat pada laman resmi USK atau media sosial USK. Selain itu juga dapat menghubungi call center Humas USK: 0811-6752-000.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *