Lantik Panitera dan Panitera Muda Hukum, Ini Pesan Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho

  • Bagikan
Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan panitera dan panitera muda hukum pada Mahkamah Syariah Jantho. (Foto: Dok. MS Jantho.)

MITA | Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho Dr. Reza Vahlevi melantik Izwar Ibrahim sebagai Panitera Mahkamah Syar’iyah Jantho, dan Rinaldi sebagai Panitera Muda Hukum, Selasa 4 April 2023.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berlangsung di ruang Sidang Utama Mahkamah Syar’iyah Jantho, yang dimulai sejak pukul 01.30 WIB hingga selesai.

Hadir pada pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut Wakil Ketua, seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Pegawai serta tenaga PPNPN Mahkamah Syar’iyah Jantho serta rombongan pengantar dari Mahkamah Syar’iyah Klas I II Meureudu. 

Sebelum dilantik sebagai Panitera, Izwar Ibrahim menjabat sebagai Panitera Muda Hukum Mahkamah Syar’iyah Jantho, sedangkan jabatan Panitera Muda Hukum digantikan oleh Rinaldi yang merupakan pindahan dari Mahkamah Syar’iyah Meureudu. 

Izwar Ibrahim yang menggantikan Muhammad Raihan, Panitera Mahkamah Syar’iyah Jantho sebelumnya yang telah dipromosikan sebagai panitera Muda Jinayat Mahkamah Syar’iyah Aceh.

Selanjutnya akan bertugas dalam Jabatan Panitera Mahkamah Syar’iyah Jantho yang bertugas menyelenggarakan administrasi perkara, dan mengatur tugas Wakil Panitera, para Panitera Muda, Panitera Pengganti, serta seluruh pelaksana di bagian teknis Pengadilan.

Ia juga akan membantu hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan, membuat daftar perkara-perkara perdata dan pidana yang diterima di kepaniteraan, membuat salinan putusan menurut ketentuan undang-undang yang berlaku.

Kemudian, bertanggung jawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat-surat berharga, barang bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di kepaniteraan.

Dan khusus dalam perkara perdata, Panitera bertugas melaksanakan putusan pengadilan. Sedangkan tugas pokok dan fungsi panitera muda hukum adalah merencanakan dan melaksanakan urusan kepaniteraan hukum, mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, dalam membatu panitera. 

Sementara itu, Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Dr Reza Vahlevi, saat memberikan sambutannya mengingatkan, pelantikan ini dalam rangka tour of duty, bentuk penyegaran organisasi dan mengisi kekosongan pejabat yang melaksanakan tugas.

Kepada pegawai yang dilantik dan juga seluruh hadirin yang hadir di ruangan tersebut diingatkan bahwa jabatan dan tugas yang dibebankan tersebut adalah amanah yang dipercayakan oleh Allah SWT.

“Sehingga selain kita bertanggung jawab kepada institusi Mahkamah Agung Republik Indonesia dan masyarakat, kita juga bertanggung jawab langsung kepada Allah SWT,” ucapnya.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho juga mengimbau agar tetap maksimal dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dan senantiasa mengingat sumpah yang telah diucapkan sebagai bentuk muhasabah dan motivasi diri menjadi lebih baik.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *