Gampong Tanjong Terima Tim Penilai Posyantek dan Potensi TTG

  • Bagikan

 

Tim Penilai Posyantek dan TTG saat lakukan penilaian di Aula Kantor Keuchik setempat, Kamis 13 April 2023 (FOTO/MC ACEH BESAR)

MITA | Gampong Tanjong Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, menerima kunjungan tim penilai lomba Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Provinsi Aceh untuk melakukan verifikasi faktual keberadaan Teknologi Tepat Guna (TTG), Kamis 13 April 2023.

Ketua Tim Penilai Posyantek Provinsi Aceh, Ir. Zulfadli beserta rombongan disambut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar Carbaini, Sekretaris DPMG, Kabid TTG, Tenaga Ahli Pendamping Kabupaten, Camat Lhoknga, Keuchik dan Tuha Peut, serta perangkat Gampong Tanjong.

Carbaini mengatakan, Gampong Tanjong telah dinilai secara administrasi dan masuk dalam nominasi 10 besar. Kini tim penilai pun datang untuk memastikan secara faktual Gampong Tanjong memiliki lembaga Posyantek.

Tim melihat apakah ada pengurus serta kegiatan usaha untuk melahirkan produk TTG sesuai dengan proposal administrasi. “Hari ini tim melakukan verifikasi faktual berdasarkan usulan gampong untuk mengikuti perlombaan TTG,” ungkapnya.

Dilansir situs resmi Pemkab Ace Besar, tim penilai tiba di Gampong Tanjong pukul 10.35 WIB dan disambut aparatur gampong. Kemudian pengurus Posyantek melakukan presentasi dasar pembentukan Posyantek,  pengurus Posyantek, dukungan anggaran dana desa, serta upaya untuk pengembangan.

Keuchik Tanjong, M. Ramli, pada kesempatan tersebut menyampaikan, pemerintah gampong mendukung dan menfasilitasi dana desa untuk melahirkan hingga pengembangan produk TTG.

“Gampong telah alokasi dana desa mencapai Rp300 juta untuk pengembangan Posyantek hingga menciptakan produk TTG,” katanya.

Kegiatan Posyantek Gampong Tanjong bekerjasama dengan BUMG yang telah berjalan untuk pengembangannya, antara lain untuk menciptakan alat produksi batako, menciptakan alat bantu belah rotan. Proses pembuatan alat TTG tersebut melibatkan BUMG pengelasan milik gampong.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *