Santri Dayah di Aceh Besar Dilatih Menggunakan Komputer dan Menjahit

  • Bagikan
Santri dayah di Aceh Besar dilatih menjahit. (Foto: Dok. Humas Pemkab Aceh Besar)

MITA | Dalam rangka meningkatkan kualitas dan wawasan santri, Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar memberikan pelatihan computer dan menjahit untuk santri-santri dayah di Aceh Besar.
Pelatihan komputer itu diikuti oleh sekretaris dan operator dayah serta pelatihan keterampilan menjahit kepada santriwati. hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar, Tgk. Adi Darma, Kamis 2 Maret 2023.
Adi Dharma menyampaikan, di era digitalisasi yang sudah maju dan modern dengan berbasis sistem komputerisasi, hampir semua kegiatan harus serba cepat, tepat dan akurat, hampir semua sistem sudah dilakukan secara online.
Mengingat kemajuan dunia yang begitu cepat, pihaknya berharap kegiatan pelatihan seperti itu dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan diri dan belajar dalam mengikuti perkembangan zaman khususnya di bidang komputer.
“Sehingga para santri tidak buta yang namanya teknologi, melainkan mereka sudah melek teknologi yang berguna untuk mendukung kegiatan lebih maksimal sesuai dengan tuntutan zaman,” kata Adi Dharma.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi para santri, sehingga kedepan semakin mahir dalam menggunakan teknologi komputer.
“Tentunya akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas khususnya dibidang pendidikan,” ujarnya.
Untuk meningkatkan potensi dan minat dalam kewirausahaan di tingkat dayah, Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar juga memberikan pelatihan menjahit kepada santriwati dengan harapan dapat mencetak kader santri yang terampil, mandiri dan berinovatif dalam berwirausaha.
“Kita harapkan, santri yang dilatih life skill menjahit ini dapat membuka usaha baru yang kompetitif. Sehingga akan memperbaiki taraf perekonomian khususnya di lingkungan dayah,” harapnya.
Ia menjelaskan, membuat busana mulai dari mendesain atau menjahit saat ini menjadi hal yang digandrungi kalangan muda-mudi. Busana dengan gaya muslimah modern semakin disukai semua kalangan.
“Oleh karena itu, wirausaha di bidang menjahit akan membuka peluang dan sekaligus mendatangkan keuntungan yang banyak,” ucapnya.
Kegiatan pelatihan ini menjadi sarana bagi para santri dayah untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan diri, agar kedepan mampu mendirikan usaha dan meningkatkan kualitas kehidupan masing-masing.
Dan yang paling penting, santri diharapkan juga mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. “Ilmu yang didapatkan ini akan menjadi bekal bagi santri untuk mewujudkan taraf hidup kearah yang lebih baik,” katanya.
(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *