Kabupaten Aceh Jaya Satu-satunya Daerah Sangat Inovatif di Aceh

  • Bagikan

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin. Foto: aceh.tribunnews.com

MITA | Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya meraih penghargaan kabupaten sangat inovatif se-Aceh pada ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022.

Aceh Jaya menjadi daerah Sangat Inovatif menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.11-6301.A tahun 2022 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Untuk diketahui, indeks inovasi daerah yang disampaikan Kemendagri tersebut dikategorikan menjadi 3 predikat yaitu Sangat Inovatif, Inovatif dan Kurang Inovatif.

Ada 22 kabupaten di seluruh Indonesia yang meraih penghargaan sangat inovatif, dari Provinsi Aceh hanya Kabupaten Aceh Jaya satu-satunya dengan indeks 60,49.

Anugerah IGA 2022.

Sementara itu, ada 13 kabupaten/kota yang dikategorikan inovatif yaitu Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Utara, Aceh Singkil, Langsa, Aceh Besar, Pidie Jaya, Gayo Lues, Bener Meriah dan Subulussalam.

Adapun kabupaten/kota yang dinilai kurang inovatif oleh Kemendagri antara lain Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Pidie, Sabang, Aceh Selatan, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Tenggara dan Simeulue.

Pemberian Penghargaan IGA merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan cara inovatif.

Pemberian penghargaan IGA ini juga bertujuan untuk memicu dan memotivasi pemerintah daerah agar meningkatkan inovasi dan kreativitas daerah dalam memberikan pelayanan publik serta mendukung arah pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Pusat.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *