Rajin Jogging Pagi dan Sore Hari? Ini Manfaatnya

  • Bagikan
Manfaat jogging. (Foto: bandungkita.id)

MITA | Setiap minggu kita memang disarankan untuk berolahraga minimal 150 menit, atau 30 menit selama 5 hari. Tapi, banyak orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga atau mungkin peralatannya.

Nah, salah satu olahraga yang disarankan adalah jogging, olahraga yang serupa dengan berlari, namun dilakukan dengan kecepatan yang lebih lambat dan stabil.

Jogging adalah olahraga aerobic, yang artinya adalah olahraga yang menggunakan oksigen dan glukosa tubuh untuk menghasilkan energi.

Jogging adalah olahraga pilihan kebanyakan orang yang biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari dengan berbagai macam tujuan. Dilansir dari Better Health Channel, berikut adalah manfaat dari jogging bagi tubuh.

Memperkuat Otot Tubuh

Ketika melakukan jogging, terdapat otot-otot tubuh yang terus berkontraksi. Dengan jogging, otot otot tertentu akan terus digunakan sehingga otot otot tersebut akan beradaptasi dan menguat.

Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Ketika berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan nafas juga akan lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan aktivitas tersebut. Dengan begitu, karbondioksida dalam tubuh akan lebih cepat dikeluarkan.

Jika dilakukan setiap hari, jogging akan meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular.

Memperkuat Tulang

Ketika melakukan jogging, kepadatan tulang, kekuatan dan ketahanan otot akan meningkat. Hal tersebut akan menyebabkan meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Sumber: Okezone.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *