Warga Rohingya Kembali Terdampar di Aceh

  • Bagikan
Warga Rohingya terdampar di Aceh Besar. Foto: Ist

MITA | Puluhan warga Rohingya kembali terdampar di Aceh. Kali ini mereka terdampar di Benteng Indra Patra Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu 25 Desember 2022.

Mengetahui puluhan warga Rohingya bersama kapal kayu terdampar di wilayahnya, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto langsung turun ke lokasi.

Iswanto meninjau langsung rombongan dari etnis Rohingya tersebut guna memastikan keberadaan mereka, termasuk mengambil langkah-langkah taktis kedaruratan.

Muhammad Iswanto yang didampingi Kabag Prokopim Setda Aceh Besar, Imam Munandar, juga melakukan koordinasi dengan pihak kependudukan, BPBD serta Dinas Sosial Aceh Besar.

Pj Bupati Aceh Besar bersama rombongan meninjau warga Rohingya terdampar di Aceh Besar. Foto: Ist

Selain itu, Pj Bupati juga berkoordinasi dengan jajaran Imigrasi, TNI/Polri hingga Pemerintah Aceh, karena ini juga menyangkut tata laksana dan SOP penanganan pengungsi imigrasi.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak UNHCR yang terkait langsung dengan lembaga PBB soal urusan pengungsi, jadi kita melakukan sesuai dengan regulasi yang ada, termasuk regulasi secara internasional,” katanya.

Iswanto menambahkan, untuk saat ini, penanganan itu lebih kepada rasa perikemanusiaan, dan benar-benar terkait kedaruratan. Untuk saat ini, warga Rohingya itu diawasi oleh unsur TNI/Polri serta pihak terkait lainnya.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *