Personel Pemadam Kebakaran Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas

  • Bagikan
Bimtek peningkatan kapasitas petugas pemadam kebakaran. Foto: Ist

MITA | Petugas pemadam kebakaran di Kabupaten Aceh Besar mengikuti bimtek peningkatan kapasitas, yang digelar di Hotel The Pade, Kecamatan Darul Imarah, Senin siang 12 Desember 2022.

Bimtek itu dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto. Hadir dalam kesempatan itu, pejabat dari Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Forkopimda, Basarnas, dan para personil Pemadam Kebakaran.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar menyampaikan, Bimtek tersebut sangat penting untuk dilaksanakan, karena pemadam kebakaran (Damkar) merupakan individu atau pasukan yang bertugas memadamkan api, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana.

“Selain itu juga, Damkar merupakan profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan karena di dalam profesi petugas pemadam kebakaran terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda milik masyarakat,” kata Iswanto.

Personil Damkar juga dituntut kerja dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan kesabaran, dapat bekerja dalam tim penuh kebersamaan, sekaligus membentuk jiwa yang peka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat mengingat tugas Damkar adalah pelayanan publik.

Iswanto berharap kepada seluruh peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan Bimtek tersebut dengan serius, agar pengetahuan yang diperoleh melalui Bimtek itu menjadi sangat berguna saat bertugas di lapangan.

Setelah mengikuti Bimtek, para personil Damkar dapat menambah ilmu, menjadi pembinaan secara tepat, baik dari segi kapasitas dalam upaya pemadaman kebakaran maupun manajemen SDM secara terpadu.

Pj Bupati berharap melalui Bimtek ini dapat membina para personil Damkar BPBD Aceh Besar secara tepat dan menyeluruh, sehingga nantinya menjadi agen dari pemadam kebakaran yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Besar untuk dapat bersinergi dalam upaya perlindungan dan keselamatan masyarakat, khususnya dalam hal bencana kebakaran.

Iswanto melanjutkan, melalui Bimtek juga diharapkan adanya peningkatan kapasitas serta pengetahuan petugas pemadam kebakaran, sehingga dalam penanganan kejadian bencana apapun di lapangan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kalak BPBD Aceh Besar Ridwan, melaporkan bahwa bimtek tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kapasitas personil Damkar di Kabupaten Aceh Besar.

“Saat ini jumlah petugas Damkar di Aceh Besar sebanyak 69 orang. Mereka menempati 8 pos WMK, masing-masing berada di Kota Jantho, Sibreh, Peukan Bada, Seulimeum, Kajhu, Lhoong, Durung, serta Saree,” jelasnya.

Ridwan menambahkan, tahun 2023 mendatang, pihaknya merencanakan menambah lagi dua pos WMK, masing-masing di Lamtamot dan Kutabaro.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *