Kaum Ibu di Pulo Aceh Diminta Berikan Vaksin Polio Lengkap untuk Anak

  • Bagikan
Pelaksanaan vaksin polio, di Puskesmas Pulo Aceh, Aceh Besar. Foto: Ist

MITA | Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh, Mellani Subarni, meminta kaum ibu di Kecamatan Pulo Aceh untuk memberikan vaksinasi polio secara lengkap untuk anak-anaknya.

Mellani menegaskan vaksinasi polio halal dan tidak berbahaya. “Ditemukannya kasus Polio di Pidie membuka mata kita semua bahwa begitu penting vaksin lengkap bagi anak-anak kita,” ujar Mellani.

Hal itu disampaikan pada acara Baksos DWP Aceh yang digelar di Puskesmas Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Selasa 6 Desember 2022.

Mellani mengimbau agar setiap ibu rutin membawa anaknya ke puskesmas untuk mendapatkan vaksin Polio sesuai dengan tahapan usia anak. Vaksin sudah harus diberikan secara bertahap sejak anak berusia satu bulan.

“Penyebab terjadi polio di Pidie karena tidak diberikan vaksin polio secara lengkap,” kata Mellani.

Selain Polio, saat ini pemerintah juga fokus terhadap kasus stunting yang begitu tinggi di Aceh. Ia mengajak kaum ibu di Pulo Aceh untuk memperhatikan asupan yang bergizi kepada anak usia dini dan ibu hamil agar tidak terpapar stunting.

Menurut Mellani, masyarakat Pulo Aceh yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan semestinya dapat mencegah kasus stunting. Limpahan ikan yang dimiliki masyarakat harus diberikan untuk makanan harian anak-anak.

“Ikan adalah makanan yang miliki gizi yang paling baik diberikan pada anak. Utamakan mereka, karena anak-anak adalah masa depan bangsa dan negara,” kata istri Sekda Aceh itu.

Merespons kedua isu kesehatan tersebut, kata Mellani, pihaknya dari DWP Aceh menggelar bakti sosial (Baksos) pelayanan kesehatan untuk masyarakat Pulo Aceh.

Selain itu pihaknya juga membagikan bantuan kelengkapan sekolah dan makanan bergizi untuk anak usia dini dan ibu hamil. Dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan vaksinasi polio untuk 987 anak Pulo Aceh rentang umur 0-13 tahun.

“Mudah-mudahan bisa memberi pemahaman bagi kita semua tentang pentingnya menjaga kesehatan,” ujar Mellani.

Sementara itu, Pj Ketua PKK Kabupaten Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Baksos di Kecamatan Pulo Aceh.

Menurutnya penyuluhan dan pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat di kepulauan tersebut di tengah berbagai keterbatasan wilayah.

“Baksos ini sangat strategis untuk membina tumbuh kembang anak dan kesehatan kaum ibu, kami menyambut baik dan berharap kegiatan bermanfaat seperti ini bisa terus dilanjutkan,” ujar istri Pj Bupati Aceh Besar itu.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *