Kadis Kesehatan Aceh Boyong Dokter Spesialis ke Pulo Aceh, Warga Bisa Berobat Gratis

  • Bagikan
Ilustrasi dokter. Foto: Ist/Net

MITA | Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, mengatakan untuk mendukung bakti sosial pelayanan kesehatan DWP Aceh, pihaknya mendatangkan sejumlah dokter spesialis ke Puskesmas Pulo Aceh.

Dokter yang didatangkan Dinas Kesehatan Aceh yaitu dokter spesialis penyakit dalam, gigi, kandungan dan spesialis telinga hidung tenggorokan (THT).

“Masyarakat di Kecamatan Pulo Aceh bisa mendapatkan pelayanan dokter spesialis di Puskesmas selama baksos berlangsung,” kata dr. Hanif, Selasa 6 Desember 2022.

Dalam kesempatan itu, dr. Hanif juga menyampaikan penyuluhan kesehatan tentang stunting dan polio untuk seluruh masyarakat yang hadir.

Kadis kesehatan Aceh itu menyebutkan, pemerintah telah menetapkan 10 area intervensi stunting. Pertama dimulai dari pemeriksaan HB dan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri usia SMP dan SMA. Kemudian pada ibu hamil, diwajibkan untuk melakukan minimal 6 kali pemeriksaan kandungan.

Selain itu ibu hamil juga harus rutin melakukan pemeriksaan darah dan mengonsumsi makanan tambahan yang bergizi.

Berikutnya area intervensi juga mencakup pada anak usia bayi dan balita. Orang tua harus memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan usia kelahiran.

“Imunisasi lengkap juga harus diberikan kepada anak, selain untuk daya tahan tubuh agar terhindar dari stunting, vaksin juga penting untuk mencegah polio,” kata dr. Hanif.

Hanif mengatakan, perilaku hidup bersih dengan sanitasi yang sesuai prosedur juga penting untuk menghindari stunting dan polio. Lingkungan hidup yang kotor dapat mencemari konsumsi makanan dan minuman yang muaranya menimbulkan berbagai penyakit.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *