Disdukcapil Update Data Kependudukan di Pulo Aceh Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan
Kepala Disdukcapil Aceh Besar, Rahmad sentosa, S.Sos. MAP. Foto: Ist

MITA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Besar melakukan pengurusan data kependudukan bagi warga Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Rabu 28 Desember 2022.

Kepala Disdukcapil Aceh Besar, Rahmad sentosa, S.Sos. MAP, mengatakan kegiatan itu dilakukan Disdukcapil Aceh Besar sebagai langkah proaktif untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan adminduk bagi masyarakat di daerah kepulauan (daerah terluar).

Di Kecamatan Pulo Aceh terdapat 1.510 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk mencapai 4.745 jiwa. 

“Dalam kegiatan tersebut, Disdukcapil melakukan fasilitasi kepemilikan dokumen kependudukan bagi penduduk yang baru berusia 17 tahun (ktp pemula) penduduk rentan (lansia dan penyandang disabilitas,” katanya.

Rahmad menuturkan, tidak kalah pentingnya untuk update data kependudukan warga, dengan demikian pihaknya dapat mengetahui penambahan dan perubahan status masyarakat.

“Mungkin ada yang baru lahir, perubahan status perkawinan, perubahan pekerjaan, meninggal dunia dan lainnya yang belum dilaporkan atau dicatatkan untuk mewujudkan tertib adminduk di Kabupaten Aceh Besar,” jelasnya.

Rahmad menambahkan, adminduk menjadi hal yang sangat penting, yaitu sebagai upaya untuk mendukung tahapan pelaksanaan pemilu legislatif dan kepala daerah pada tahun 2024.

“Jadi, penting sekali, karena ini mempengaruhi jumlah pemilih untuk pemilu 2024 mendatang, data tersebut akan menjadi patokan bagi penyelenggara pemilu untuk memetakan kertas suara dan jumlah TPS,” pungkasnya.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *