Besok Kapal Pesiar Kembali Singgah di Pelabuhan CT3 Sabang

  • Bagikan
Kapal pesiar kunjungi Sabang. Foto: Ist/Net

MITA | Setelah sebelumnya pernah singgah di Sabang sebelum Covid-19, Kapal Pesiar MV. Seabourn Encore akan kembali bersandar di Pelabuhan CT3 Sabang, Senin 19 Desember 2022 besok.

Pj Wali Kota Sabah Reza Fahlevi berharap kunjungan kapal pesiar MV. Seabourn Encore itu menjadi momentum penting untuk mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Sabang.

Pemerintah Kota Sabang bersama BPKS dan stakeholder lainnya terus bekerja memaksimalkan persiapan, termasuk berbagai paket-paket dan atraksi wisata menarik untuk disuguhkan kepada penumpang kapal pesiar MV. Seabourn Encore.

“Ini kali kedua kapal pesiar bersandar di Sabang untuk tahun ini setelah pandemi, tentunya kunjungan kapal pesiar yang dijadwalkan pada tanggal 19 Desember sudah dipersiapkan secara matang,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Sabtu 17 Desember 2022 kemarin.

“Kita juga mengevaluasi tentang kedatangan kapal pesiar sebelumnya, seperti arah tarian, money changer, parkir, sound system dan lain-lain, agar nantinya semua berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Dinas Pariwisata Kota Sabang bersama stakeholder lainnya dan agen-agen travel perjalanan, terus menjalin koordinasi dan kolaborasi terkait perjalanan wisatawan ke beberapa titik lokasi tujuan melalui paket-paket wisata yang akan ditawarkan.

Titik kunjungan tetap seperti sebelumnya yaitu Anoi Itam, Sumur Tiga dan Iboih, dengan jumlah turis yang sudah booking sebanyak 65 pax.

“Atraksi juga dilaksanakan di Tugu Depan Kantor Wali Kota dan Jaboi. Kita akan perkuat story telling, pelaku wisata dan juga desa wisata yang akan dikunjungi nantinya juga sudah harus siap baik dari segi destinasi, atraksi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Pemerintah Kota Sabang juga akan melibatkan pelaku UMKM Kota Sabang. Sebanyak 14 booth dalam 6 tenda, sudah siap menyambut Kapal yang pernah mengunjungi Sabang pada 2019 lalu itu.

Cruise MV. Seabourn Encore merupakan kapal pesiar mewah yang dibangun oleh Fincantieri dari Italia untuk Seabourn Cruise Line. Kapal pesiar yang dibangun pada 30 November 2016 tersebut memiliki panjang 211 meter dengan bobot 40.350 GT, dan lebar 25 meter.

Kapal ini dapat mengangkut 975 orang yang terdiri dari 512 penumpang dan 423 kru kapal. Kali ini, kapal pesiar berbendera Bahamas yang bergerak dari Maldives itu membawa 512 turis, akan singgah di Sabang sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke Phuket.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *