Pj Bupati Nagan Raya Tinjau Lokasi Abrasi di Pantai Suak Puntong

  • Bagikan

 

Pj Bupati Ngan Raya tinjau lokasi abrasi di Suak Puntong. Foto: Ist

MITA | Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriani Farhas, meninjau lokasi abrasi pantai di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Sabtu 5 November 2022.

Fitriany mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya melakukan upaya dengan membuat kajian ke pemerintah pusat untuk menangani kondisi ini. 

“Melihat kondisi saat ini dan sesuai dengan laporan, bahwa perubahan besar terjadi dalam setahun belakang. Untuk itu kita akan mencoba kembali untuk melaporkan ke pemerintah pusat,” ujarnya kepada awak media.

Menurutnya, APBD Nagan Raya saat ini sangat terbatas, sehingga Pemkab tidak bisa menggunakan dana APBD. Untuk itu, kata Fitriany, Pemkab Nagan Raya akan melakukan kajian ulang karena data yang lalu ternyata sangat berbeda dengan data yang sekarang, karena kondisi abarasinya sudah sangat parah. 

Pj Bupati akan menyampaikan perihal ini kepada Pemerintah Pusat, terutama ke BNPB dan Kementerian PU, karena kondisi jalan saat ini sudah habis terkikis abrasi laut dan sebagian pemukiman warga juga terdampak.

Fitriany menjelaskan, abrasi disebabkan oleh kondisi alam, sehingga belum bisa diantisipasi hal-hal yang memang bersifat urgensi dan warga juga sudah pindah dari lokasi ini. “Abrasi ini disebabkan oleh kondisi alam ya,” ungkapnya. 

Pj Bupati akan mengupayakan tahun depan menganggarkan APBK untuk mengatasi abrasi. Hadir pada kesempatan itu Camat Kuala Pesisir, Edi Kamal, Kalak BPBD, Kepala Bappeda, Mukim Kuala Baro, serta perangkat desa setempat.

(RL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *