800 Ton Beras Indramayu dan Cirebon Dikirim ke Aceh Melalui Tol Laut

  • Bagikan
Foto: ANTARAFOTO/Adiwinata Solohin

MITA | Beras seberat 800 ton yang diisi dalam 40 kontainer, dikirim melalui Tol Laut dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Beras tersebut dikirim menuju pelabuhan tujuan di Aceh.

Pengiriman beras ini merupakan pelayaran kedua Tol Laut T-1 di Pelabuhan Patimban yang dilayani kapal Kendhaga Nusantara 14 dengan operator PT Citrabaru Adinusantara.

“Ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergi Kementerian Perhubungan bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional serta perum Bulog untuk mewujudkan pemerataan pangan,” ujar Direktur Lalu Lintas Kementerian Perhubungan, Hendri Ginting dalam keterangan tertulis, Minggu 13 November 2022.

Pengiriman beras melalui tol laut di Pelabuhan Patimban juga sebagai bukti keberadaan Pelabuhan Patimban memberikan kemudahan distribusi bahan pangan. Yakni dari Provinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu provinsi penghasil beras nasional.

Hendri mengungkapkan, beras yang dikirim kali ini berasal dari Gudang Bulog Cabang Indramayu dan Gudang Bulog Cabang Cirebon.

“Keberadaan Tol Laut di Patimban ini semakin memudahkan pemerataan distribusi beras dari wilayah Jawa Barat ke daerah Provinsi Aceh,” ucap Hendri.

Adapun trayek T-1 ini memiliki rute pelayanan Tanjung Priok – Patimban – Lhoksumawe – Malahayati – Patimban – Tanjung Priok.

“800 ton beras yang dikirim ini tujuan pengirimannya ke Meulaboh sebanyak 400 ton, Sigli 300 Ton dan Blangpidie 100 ton,” kata Hendri.

Sebagai informasi, pengiriman beras kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, sebanyak 10 kontainer berisi 200 ton beras dari daerah Provinsi Jawa Barat didistribusikan melalui Tol Laut ke Malahayati dan Lhoksumawe, Provinsi Aceh.

Beras tersebut dikirim menggunakan kapal Kendhaga Nusantara 14 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (18/10).

Sumber: Kontan.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *