Tiga Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi di Aceh

  • Bagikan
Masjid Baiturrahman Aceh: Sejarah dan Kemegahannya/Foto: shutterstock
MITA | Aceh, memiliki banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi baik oleh wisatawan lokal bahkan wisatawan internasional, baik wisata alam, sejarah hingga objek rekreasi paling populer di Indonesia.
Bagi wisatawan yang ada di Tanah Rencong, mereka tentu sudah tidak asing lagi dengan daerah yang berada di ujung paling barat Indonesia tersebut. Daerah ini tentu saja menyuduhkan berbagai pemandangan menakjubkan.
Jika wisatawan luar Aceh sedang ada agenda kunjungan ke Tanah Serambi Mekkah, sayang kalau sampai harus melewatkan berkunjung ke objek wisata di Aceh.
Atau, jika anda baru pertama kali datang ke Aceh, dan bingung harus kemana, apalagi tertarik dengan tempat-tempat wisata, maka bisa mengunjungi beberapa tempat ini.
1. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu lokasi wisata yang mudah didatangi jika anda sedang berada di ibu kota provinsi Aceh. Masjid kebanggaan rakyat Aceh ini berada tepat di pusat Kota Banda Aceh.
Jika sedang berada di Aceh, jangan lewatkan berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi dan menjadi ikon Aceh.
Masjid bersejarah ini dibangun sejak tahun 1612, oleh Sultan Iskandar Muda. Bangunannya berwarna putih dengan kubah hitam. Di sekelilingnya terdapat tujuh pilar yang berdiri dengan kubah hitam di atasnya.
Di depan masjid ada kolam besar dengan pancuran air yang membuat anda damai berada di sekitarnya. Masjid ini sekarang sudah direnovasi bagaikan masjid yang berada di timur tengah.
Jika anda berada di Banda Aceh, jangan lewatkan untuk mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman, dan dapatkan ketenangan pikiran anda di sana.
2. Museum Tsunami
Tidak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman, lokasi wisata kedua yang harus anda kunjungi saat berada di Aceh yaitu Museum Tsunami. Bangunan ini menyimpan berbagai bukti bencana tsunami Ace yang terjadi pada tahun 2004 silam.
Siapa yang tidak tau tentang tsunami Aceh yang menelan ratusan ribu korban jiwa? Jika anda mendengar Aceh, salah satu hal yang ada di benak anda mungkin adalah tsunami.
Kisah nyata air laut yang naik menghancurkan ribuan bangunan bahkan yang paling kokoh sekalipun. Gedung Museum Tsunami ini menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana alam tsunami 2004 silam di Aceh.
Museum Tsunami Aceh. Foto: Tripadvisor.com
Tentu, sangat disayangkan jika harus terlewatkan berkjunjung ke Museum Tsunami Aceh. Di dalam bangunan itu, anda akan merasakan dan melihat beberapa bukti tentang tsunami Aceh.
Bahkan, saat pertama anda masuk untuk melewati lorong yang ada di dalamnya, anda akan merasakan dan mendengar gemuruh air yang bisa mengingatkan tentang peristiwa tsunami Aceh.
Di dalam bangunan tersebut juga ada tempat berdoa yang berbentuk silinder dengan cahaya remang-remang. Pada bagian dindingnya tertempel nama-nama orang yang menjadi korban bencana tsunami saat itu.
3. Tugu Nol Kilometer
Jika anda orang Aceh atau warga negara Indonesia, tentu saja tidak asing dengam tugu Kilometer Nol. Tapi, mungkin belum semua warga Indonesia yang berkunjung ke lokasi ini.
Tugu Kilometer Nol Indonesia bagian barat ini berada di Sabang. Di lokasi ini terdapat bangunan tinggi sekitar 23 meter, sebagai tanda geografis dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tugu ini menjadi objek wisata penuh dengan sejarah. Ada beberapa pesan kebangsaan di tugu tersebut. Dan yang paling menyejukkan mata dan pikiran anda tentu saja pemandangan laut lepas ke Samudra Hindia.
Wisata di Tugu Nol Kilometer Sabang (Foto: Instagram)
Banyak tokoh dan pejabat negara yang sudah berkunjung dan naik ke tugu tersebut untuk melihat indahnya pemandangan dari atas menara setinggi 23 meter itu. Ke Aceh Samudra Hindia, anda juga dapat melihat sebuah pualu misterius, yang nantinya akan kita bahas dalam artikel lainnya di media ini.
(Hi)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *