Tahun Depan, Kepolisian Mulai Gunakan Kendaraan Listrik

  • Bagikan
Mobil patroli polisi mulai tahun depan pakai kendaraan listrik. Foto: Prestige Motorcars
MITA | Untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun ekosistem electric vehicle (EV) di Indonesia, mulai tahun depan, mobil dan motor patroli kepolisian Indonesia akan menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai.
Hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022, yang mengharuskan pemerintah pusat, pemerintah daerah, kepolisian, TNI menggunakan kendaraan dinas listrik.
Kepolisian mengaku mendukung sepenuhnya upaya pemerintah membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Bahkan, Polri menjadi pihak pertama yang akan mengimplementasikan Inpres tersebut.
Dilansir laman resmi Korlantas Polri pada Kamis 5 Oktober 2022, pada kegiatan G20, sudah ada 186 unit mobil dan motor listrik untuk pengawalan.
“Ke depannya, semua motor dan mobil patroli lalu lintas menggunakan listrik untuk tahun depan,” ujar Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus.
Bahkan, pihaknya menyanggupi target Presiden Jokowi yang ingin memproduksi 2 juta unit motor listrik di Indonesia. Pada bulan lalu, kata Yusri, sudah ada 23 ribu kendaraan listrik berbasis baterai yang terjual di Indonesia.
“Sampai September ini 23 ribu unit, tandanya ada pada pelat nomor dengan garis warna biru. Regulasi sudah kami revisi, Perpol Nomor 7 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor,” ungkapnya.
Sumber : Detikcom
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *