SLB TNCC Banda Aceh Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Bagikan
Siswa SLB TNCC Banda Aceh merayakan maulid Nabi Muhammad SAW. FOTO: IST

MITA | Sekolah Luar Biasa (SLB) TNCC Banda Aceh menggelar acara peringatan kelahiran (Maulid) Nabi Muhammad SAW, Sabtu 15 Oktober 2022.

Maulid Nabi Muhammad SAW itu berlangsung di Masjid Baiturrahmah Gampong Keuramat Kota Banda Aceh, yang dihadiri lebih kurang 150 orang.

Hadirin terdiri dari unsur Pengurus Yayasan Rumah Kita Indonesia, mitra kerja dan orangtua asuh TNCC, para murid TNCC, orangtua murid serta tamu undangan lainnya. 

Ketua Panitia Eva Yulita, S.Sos.I., mengatakan, selain peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi pihak sekolah dengan orangtua siswa.

Kegiatan juga diisi dengan penampilan literasi tentang kisah Nabi Muhammad, shalawat badar, lagu Islami dan lainnya, yang diperankan oleh para siswa SLB TNCC.

Eva mengharapkan melalui peringatan ini para siswa dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, dan termotivasi untuk belajar lebih baik.

Teman yang diusung yaitu “Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah. “Dengan harapan, anak-anak bisa terus mencintai Nabi Muhammad SAW, sering bershalawat dan terus berbuat baik dimana pun dan kapanpun,” ujar Evi.

Kepala SLB TNCC DM Ria Hidayati S.Psi, M.Ed., dalam sambutannya mengatakan  bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang tertunda dua tahun lamanya karena Covid-19.

“Maulid tahun ini merupakan salah satu upaya untuk membentuk akhlak yang baik dari tauladan Rasulullah SAW, melalui ceramah yang menyenangkan dari Ustadz Iswar,” ungkapnya.

Ria Hidayati menuturkan, penanaman nilai Islami merupakan salah satu tujuan SLB TNCC terutama dalam berperilaku positif baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Antusias para orang tua dan murid sangatlah besar untuk mengikuti kegiatan ini tampak dari partisipasi sampai akhir acara.

Ria berharap silaturrahmi yang sudah ada bisa terus dan tetap terjalin. “Semoga kedepannya acara maulid bisa terus ada dan partisipasi orangtua semakin bertambah,” harapnya.

Sementara itu, Ketua komite SLB TNCC DR. Zainal abidin ST., MM, dalam sambutannya memberikan dukungan kepada semua anak yang akan tampil dan berharap perkembangan mereka semakin baik ke depannya.

Sedangkan Ustad Iswar Nurdin M.Ag yang mengisi ceramah maulid menyampaikan kisah awal kelahiran Rasulullah SAW., hingga memperkenalkan silsilah keluarga nabi kepada pendengar.

Ia menyampaikan, cara maulid Nabi Muhammad SAW ini dalam rangka memuliakan Nabi Muhammad, karena selama hidupnya telah mencurahkan segenap jiwa raganya untuk menuntun manusia dari kegelapan menuju kehidupan yang lurus, berbudaya, beradab, dan menuju kehidupan bahagia di dunia dan akhirat.

Ustad Iswar juga menyampaikan bahwa sikap sabar dari Nabi Muhammad harus selalu kita teladani dan kita praktekkan pada kehidupan sehari-hari. 

Kegiatan maulid ini akan diperingati secara konsisten guna membantu mengembangkan potensi dan bakat siswa melalui persembahan yang ada.

Sebagai salah satu sekolah penggerak, momen perwujudan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah, di SLB TNCC juga dapat diimplementasikan melalui kegiatan perayaan hari besar Islam yang dapat membentuk profil pelajar Pancasila.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *