Santri Diminta Ikut Berperan Demi Kemaslahatan Umat

  • Bagikan
Foto: Ist/Net

MITA | Sebagai orang yang selalu menjaga nilai-nilai agama, santri diminta ikut berperan demi kemaslahatan umat sehingga turut menjaga martabat kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM saat bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, yang digelar Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, di Halaman Kantor Kemenag Sabang, Senin 24 Oktober 2022.

“Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi (Maqashid Al-Syariah). Tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia,” ungkapnya.

Menurutnya, santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan sekarang ini yang sangat majemuk. Dia menambahkan, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

Sekdako Sabang menjelaskan dalam sejarahnya, menjaga martabat kemanusiaan ini juga telah dilakukan para santri sejak masa sebelum kemerdekaan, dengan memberikan andil dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Untuk itu, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama,” tutupnya.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *