Rudal Balistik Korea Utara Bikin Panas Amerika, Korsel dan Jepang

  • Bagikan
Korut tembakkan rudal balistik. Warga Korsel menonton siaran tv. (Foto: Reuters/Kim Hong-Ji)

MITA | Korea Utara (Korut) lagi-lagi menembakkan rudal balistriknya ke laut pada Minggu pagi ini, 9 Oktober 2022. Dua rudal balistik itu menjadi tujuh rudal yang ditembakkan pihak Korut dalam dua pekan.

Kepala Staf Gabungan militer Korea Selatan mengumumkan, peluncuran — yang ketujuh dalam dua minggu — datang dari tenggara negara itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

“Sambil memperkuat pemantauan dan kewaspadaan kami, militer kami mempertahankan postur kesiapan penuh dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat,” kata Kepala Staf Gabungan, mengutip AFP, Minggu 9 Oktober 2022.

Korea Utara pada hari Sabtu sedang menyibukkan uji coba rudalnya baru-baru ini sebagai balasan terhadap ancaman militer AS, setelah berhari-hari latihan militer bersama antara Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

Kantor Perdana Menteri Jepang juga mengkonfirmasi setidaknya satu rudal pada hari Minggu, di Twitter. “Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik yang dicurigai. Lebih banyak pembaruan menyusul,” kata kantor itu.

Wakil Menteri Pertahanan Senior Jepang Toshiro Ino mengatakan, ada kemungkinan rudal, yang katanya ditembakkan sebelum pukul 2:00 pagi (1700 GMT Sabtu).

Rudal balistik itu disebut menempuh jarak 350 kilometer pada ketinggian maksimum 100 kilometer, diluncurkan dari kapal selam, menurut Kyodo. kantor berita.

Rudal yang ditembakkan ke arah Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang, tampaknya jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, kata pemerintah Jepang, menurut Kyodo.

Penjaga pantai mengatakan sejauh ini belum menerima laporan kerusakan kapal Jepang, lapor penyiar nasional NHK.

Sumber: CNBCIndonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *