Polres Pidie Bersama Dinas Kesehatan Sidak Sejumlah Apotek

  • Bagikan
Polres Pidie bersama Dinkes sidak ke sejumlah apotek. Foto: Ist

MITA | Satreskrim Polres Pidie bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pidie melakukan sidak ke sejumlah apotek dan toko obat di Kota Sigli.

Sidak dilakukan pada Jumat malam 21 Oktober 2022, untuk mengecek peredaran obat sirup anak yang mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG) yang diduga dapat mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak.

Kapolres Pidie AKBP Padli SH SIK MH melalui Kasat Reskrim Iptu Rangga Setyadi STrK MH mengatakan, Polres Pidie bersama Dinas Kesehatan setempat secara proaktif melakukan upaya pencegahan terkait kondisi saat ini yang sedang viral tentang gagal ginjal akut yang diderita anak- anak.

“Kami melakukan pencegahan dengan memberikan imbauan-imbauan kepada apotek ataupun toko-toko yang menjual obat berbentuk sirup sebagaimana yang sudah diumumkan oleh Pemerintah, serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hal ini,” ujar Kasat Reskrim.

Iptu Rangga Setyadi yang didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Pidie, dr. Dwi Wijaya, mengungkap bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis data sejumlah obat sirup yang sementara dilarang untuk diedarkan.

“Kegiatan sidak ini guna memberi sosialisasi dan imbauan tentang pengawasan peredaran obat sirup untuk anak-anak yang mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG) yang diduga dapat mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak bahkan bisa berakibat kematian pada anak,” jelasnya.

Sejumlah apotek dan toko obat yang dikunjungi diantaranya, Apotik Kimia Farma yang berada di Jalan Keramat Dalam Kota Sigli, dan Apotik Lekas Sehat, di Simpang Rawa Gampong Keramat Luar Kota Sigli.

Sejumlah obat sirup yang telah dilarang edar oleh Pemerintah, telah diamankan agar tidak diedarkan lagi. Diantaranya Sirup Merk Unibebi Batuk 60 Ml, Sirup Merk Unibebi  Demam 100 Ml dan Sirup Merk Tremorek Plus 30 Ml.

(Hi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *